Memilih dan merawat jeans yang keren!

by Ronald Frank

Yo! Ronald Frank is in the house!

Menurut saya, jeans sangat berpengaruh untuk penampilan mu. Jeans yang bagus dapat membuatmu tampil menarik, khususnya dimata wanita.

So, let’s talk about Jeans, a bit.

Berbeda dengan celana berbahan Corduroy dan Permanent Press, Jeans terbuat dari bahan DENIM yang lebih kuat, tahan lama dan lebih kasar. Dulunya, jeans hanya dipakai oleh pekerja kasar di pertambangan, karena mereka membutuhkan celana yang tidak mudah robek. Namun lama kelamaan, Jeans menjadi Mode dan Trend dimana-mana KARENA pemakai celana jeans terlihat lebih TEGAR, EKSPRESIF dan CASUAL dibandingkan dengan celana berbahan kain yang terkesan LEMBUT dan FORMAL.

Banyak Pria ingin tampil menarik dengan Jeans namun justru tampak ANEH karena tidak tau cara memilih jeans yang tepat.

Mari kita bahas sedikit tentang cara memilih Jeans. 2 faktor utama:

+ Potongan (cuts) dan
+ Tekstur (texture)

POTONGAN jeans akan membentuk bentuk pinggang dan kaki anda saat menggunakan jeans. Sedangkan TEKSTUR jeans akan memberi corak pada KULIT PERMUKAAN jeans.

Potongan jeans terbagi dalam POTONGAN PINGGANG dan POTONGAN KAKI.

Potongan PINGGANG terbagi atas STANDARD, HIPSTER dan SUPER HIPSTER.
+ STANDARD adalah potongan yang TEPAT berada di pinggang.
+ Hipster adalah potongan SETENGAH pinggang.
+ Super Hipster adalah potongan SEPEREMPAT PINGGANG. Banyak digunakan musisi Hiphop/RnB.

Potongan KAKI terbagi atas STRAIGHT CUT, BOOT CUT dan SKINNY CUT.
+ Straight cut adalah potongan kaki yang LURUS dan SAMA RATA dengan ukuran PINGGANG.
+ Boot cut adalah potongan kaki LEBIH BESAR dari pinggang. Diperuntukan untuk sepatu Boot.
+ Skinny cut adalah jeans dengan potongan kaki kecil.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah:

jeans_1

jeans_2

jeans_3
All images are copyright to their respective owners.

Setelah mendapatkan gambaran akan potongan jeans pada gambar diatas, kini kamu TAU jenis-jenis jeans berdasarkan POTONGAN dan TEKSTUR.

Lalu bagaimana memilih jeans yang tepat untuk kamu?

Hal itu membutuhkan beberapa eksperimen yang harus kamu lakukan sendiri untuk penampilan maksimal TERGANTUNG STYLE (gaya) yang kamu inginkan. Beberapa panduan yang dapat kamu ikuti.

Jika kamu ingin bergaya rapih, ga usah neko-neko, gunakan jeans straight cut.

Jika ingin berpenampilan seperti rocker, gunakan jeans straight cut, dengan potongan kaki boot cut dan tekstur robek-robek.

Jika ingin berpenampilan seperti gangster ala hip-hop, tentu gunakan jeans super hipster yang agak besar.

..dan jika ingin berpenampilan gaul ala street wear, gunakan jeans hipster dan potongan kaki skinny, straight atau boot cut, sesuai sepatu yang kamu gunakan.

SEPATU juga menentukan jenis jeans pilihanmu. Jika sepatu kamu adalah model SNEAKERS atau PANTOFEL seperti Adidas, Converse, Andrews atau Pedro, maka jeans yang cocok adalah STRAIGHT atau SKINNY CUT. Jika kamu suka sepatu semi boot yang agak besar seperti Rococo, maka jeans yang tepat untuk anda adalah BOOT CUT.

Merk Jeans juga menentukan kualitas.

Saya pribadi suka jeans dengan merk True Religion boot cut dipadukan dengan sepatu Rococo, atau Nudie yang dipadukan dengan sepatu Pedro.

3 merk jeans yang menurut saya pribadi bagus: Nudie, True Religion, Ksubi, Zara.

IKAT PINGGANG (Belt) juga penting dalam melengkapi penampilan Jeans kamu. Mungkin nanti saya akan juga membahas pemilihan BELT. Saya pribadi suka belt Oakley untuk jeans True Religion, dan LV untuk jeans Nudie.

Sebagai gambaran, saksikan video dibawah untuk melihat saya memilih Jeans saat shopping.

Setelah kamu punya pengetahuan tentang Jeans, sekarang kamu juga harus tau bagaimana merawatnya.

Source: Lea Website

Jeans adalah bahan yang kuat dan tahan lama, tetapi bukan berarti bebas perawatan. Seperti halnya bahan-bahan lain, jeans juga memerlukan perlakuan khusus agar lebih awet dan tahan lama. Berikut ini adalah tips untuk mencuci dan merawat jeans kesayangan anda.

Cara Perawatan Jeans:

A. PENCUCIAN

  1. Sebaiknya pencucian jangan melalui proses perendaman karena sifat dari pada kain Jeans (Denim) adalah mudah luntur.
  2. Jika pencucian dengan perendaman, hindari air panas dan sebaiknya proses perendaman dengan air dingin yang telah dilarutkan dahulu dengan detergen. Setelah homogen ( merata ) baru kemudian Jeans dimasukkan kedalam air yang sudah mengandung detergen, lama perendaman tidak lebih dari 2 jam.
  3. Hindari pencucian dengan pemutih ( Sodium Hipoclorid ) yang akan mengakibatkan terjadinya bercak-bercak putih pada kain.
  4. Sebaiknya pencucian Jeans ( Denim ) harus terpisah, jangan dicampur dengan pakaian lain yang bukan jeans karena akan mengakibatkan warna pakaian lain menyerap kandungan warna biru sisa air cucian Jeans.
  5. Untuk jenis kain non Denim, ( Corduroy, Permanent Press ) sebaiknya pencucian jangan disikat karena akan mengakibatkan serat menjadi berbulu.

B. PENGERINGAN

  1. Hindari pengeringan langsung dengan matahari yang akan mengakibatkan warna cepat pudar.
  2. Sebaiknya pengeringan dilakukan dengan cara membalik Jeans terlebih dahulu agar yang terkena sinar matahari adalah bagian dalam Jeans.

C. PENYETRIKAAN

  1. Jangan melakukan penyetrikaan pada Jeans yang sedang dalam kondisi lembab, karena akan mengakibatkan terjadinya jamur berwarna biru yang akan membuat kain menjadi cepat lapuk.
  2. Suhu pada saat menyetrika Jeans sebaiknya jangan terlalu panas karena akan menyebabkan terjadinya stainning ( bercak-bercak putih ). Suhu yang dianjurkan adalah 60 C.
  3. Untuk Permanent Press tidak dianjurkan dengan suhu diatas 60 C kaena akan mengakibatkan melelehnya Permanent Press. Suhu yang dianjurkan adalah dibawah 40 C.

D. PENYIMPANAN

  1. Jangan terlalu lama menyimpan Jeans dalam kondisi terlipat karena akan mengakibatkan terbentuknya garis kuning pada batas lipatan.
  2. Menyimpan Jeans sebaiknya dengan cara digantung dengan hanger agar tidak terjadi perubahan warna.

Selamat memilih Jeans!

1 Komentar


Leave a Comment