Nggak ada satu proses sempurna

by Ronald Frank

Sebuah kontribusi klasik karya sahabat saya, Grenseal.

Selamat menikmati.

**

Nggak ada satu proses sempurna
By Grenseal

Suatu malam gw pengen tau apakah benar yang kita pikirkan bisa jadi kenyataan. Satu hal simpel yang mengubah persepsi gw terhadap yang namanya sebuah PROSES.

Gw sedang pengen ngemil, yang muncul di pikiran adalah biskuit nenas. 😉 Gw tau persis bentuknya, gw tau persis dimana dijualnya, sampai-sampai gw tau persis di posisi rak mana letaknya bungkusan biskuit ini di minimarket, saking penasarannya gw bahkan sampe rencanain posisi parkir motor gw.

Sekarang gw udah punya gambaran konkrit proses detail perjalanan gw untuk dapat cemilan ini. Gw udah punya target/goal, perencanaan yang matang, lantas gw keluarin motor menuju supermarket, gw dapet posisi parkir yang gw mau. Tapi apa yang terjadi? The biscuit isn’t there! Gw nggak putus asa, gw cari di minimarket lain yang ternyata juga ada.

Lihat, ini udah diluar rencana awal gw. Tapi yang nggak berubah adalah gw capai tujuan awal gw.

Kita semua pasti pernah alami ini. Tujuan udah ditentukan, rencana udah fix dibentuk. Tapi banyak yang pada prosesnya menyimpang dari rencana awal. Dan banyak dari kita terus mencoba tetap di jalur rencana awal. Saat terjadi kegagalan, coba lagi cara yang sama, coba lagi jalan yang sama atau bahkan ada yang malah nyerah dan berhenti.

Sadari kalau kita nggak akan pernah mendapatkan sebuah proses sempurna yang benar-benar berjalan sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Tapi jadilah fleksibel dalam hal proses mencapai sesuatu. Jangan ubah tujuannya, tapi ubah cara mencapai tujuan tersebut.

-Grenseal

**

Untuk artikel menarik lain nya, nantikan di website PW.

1,892 Komentar


Leave a Comment